Sabtu, 09 April 2016

Dibalik Gerhana

  Hello sobat, apa kabar nih lama tidak muncul ya? hehe lagi sibuk sih. Kemaren ada yang melihat fenomena gerhana matahari kah? pasti ada yang menonton dan mengabadikannya. 
ada yang tau apa sih gerhana itu? yuk kita bahas cekidot.....
        Gerhana adalah fenomena astronomi  yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. ( https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana )
misalnya bulan ke matahari, matahari ke bumi dan sebagainya. Gerhana matahari adalah fenomena alam yang terjadi apabila bulan berada tepat diantara bumi dan matahari, dimana bayangan bulan menutupi matahari jadi sinar matahari yang biasanya dapat menyinari matahari akan terhalang oleh bulan. Gerhana matahari ada 3 macamnya yaitu gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total.
         Kemaren (09 Maret 2016) Indonesia menjadi saksi terjadinya fenomena alam mengagumkan yang menggambarkan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT yaitu terjadinya gerhana matahari total. Gerhana matahari yang terjadi kemarin terjadi hanya 350 tahun sekali ditempat yang sama. Gerhana matahari total yang terjadi 9 Maret kemaren Indonesia menjadi satu satunya daratan yang dilintasi oleh gerhana matahari total dan sebagian. Di Indonesia sendiri ada 11 provinsi yang dilintasi oleh gerhana matahari total salah satunya adalah kota yang saat ini saya tempati yaitu kalimantan barat. Di Kalimantan Barat sendiri gerhana matahari hanya berlangsung beberapa menit saja tepatnya jam 07 lebih sedikit yang tepatnya saya kurang tau karena saya kemaren sedang kerja hehe. 
        Gerhana matahari tahun ini menjadi booming dan mampu menarik banyak wisatawan berdatangan ke Indonesia untuk menyaksikan proses berlangsungnya gerhana matahari total. Tak sedikit juga umat muslim di Indonesia tepatnya melaksanakan sholat gerhana yang dilakukan di beberapa tempat di Indonesia. 
       Mitos tentang gerhana matahari katanya mataharinya dimakan oleh naga, jujur dulu saya takut dengan adanya gerhana entah gerhana bulan atau pun gerhana matahari. dulu anak anak tidak diizinkan untuk keluar rumah saat sedang terjadi gerhana tetapi saya sekarang tau bahwa itu hanya mitos. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar