Minggu, 24 Januari 2016

Asal Usul Nasi Gandul

Ada yang tau gak sih asal usul makanan khas daerah masing masing? Mungkin orang - orang daerah jawa tengah tidak asing lagi dengan nama makanan khas daerah pati ini "Nasi Gandul". nasi yang penyajiannya diberi alas daun pisang yang dibentuk bulat yang rasa kuah dan dagingnya yang menggoda selera. Namun pada tau gak sih bagaimana nama nasi gandul itu muncul? ada banyak versi yang menyebutkan tentang asal usul nama nasi gandul itu.
Yang pertama konon dulu nasi gandul pertama kali muncul di daerah Gajah Mati (nama salah satu daerah di kota pati) nama nasi gandul itu sebutan dari para pembeli, katanya dulu penjual nasi gandul berjualan dengan cara memikul kuali (tempat untuk menaruh kuah dan sayur dari nasi gandul) disisi yang satu dan peralatan makan disisi yang lainnya. kuali tersebut bergerak sesuai irama penjualnya diangkat dan diturunkan srta saat berjalan dan mengayun-ayun. Oleh karena itu muncullah nama nasi gandul di kalangan masyarakat.
Versi yang kedua nama nasi gandul muncul juga dari sebutan pembeli dimana mereka menamai nasi gandul karena cara penyajiannya yang menggunakan piring putih kemudian diberi alas daun pisang yang dibentuk bulat. setelah itu ditaruh nasi dua centong lalu ditambahkan kuah serta daging dan pelengkapnya hingga nasi dan kuahnya mengambang. nasi dan kuah yang mengambang tidak menempel pada piring yang biasa disebut "nggandul".
oke begitulah asal usulnya semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar